Main Game PS3 Via LAN Party

Ada beberapa Game yang menyediakan fitur bermain dengan mode lan party, contohnya Call Of Duty Black Ops 2  dan Diablo 3.

Untuk bisa bermain via lan party alat – alat yang harus disediakan sebagai berikut :

Kabel LAN RJ45

Kabel ini bisa dibeli di toko komputer, berfungsi sebagai penghubung antara ps3 ke ps3 (hanya 2 unit ps3) atau ps3 ke swicth hub (lebih 2 unit ps3).


Swicth Hub

Switch hub ini bisa dibeli di toko komputer, Alat ini di ibaratkan sebagai pusat hubungan kabel lan dari ps3, jadi di istilahkan semua kabel lan dari ps3 di hubungkan ke alat ini. Mempunyai beberapa colokan belilah sesuai kebutuhan.


Hal yang harus dilakukan di awal adalah menghubungkan kabel lan antara ps3 ke ps3 atau ke switch hub, sesudah itu colok switch hub ke listrik.


Apabila sudah, kemudian nyalakan ps3nya pada XMB pilih di setting dan geser kebawah, pilih Network Setting.


Lalu pilih Internet Connectin Settings, untuk pengaturan lan party ini ada beberapa tahap.  Untuk memulai tahap – tahap tersebut pilih Internet Connectin Settings.


Kemudian tekan button kalau ada perintah dan pilih yes saja, akan ada beberapa tahap – tahap pilihan untuk pengaturan lan party, pada awal tahap Select A Setting Method pilih saja Costum lalu tekan kanan pada d-pad untuk ketahap berikutnya.


Selanjutnya, pada bagian Select Connection Method pilih saja Wired Conection. Tekan kanan untuk meneruskan tahap berikutnya.


Lalu pada tahap Select The Operation Mode Of The Network Device, In Most Cases. Select Auto-Detect pilih Auto-Detect, tekan kanan lagi.


Selanjutnya pada tahap menentukan Alamat IP, pada tahap IP Addres Setting pilih Manual, lalu tekan kanan pada d-pad untuk ketahap berikutnya.


Pada tahap ini merupakan inti dari setting lan party. Pada awalnya angka – angka ini hanya ada 0 semua kecuali Subnet Mask.

Di tahap Internet Connetion Settings, terdapat IP Address,Subnet Mask, Default Router, Primary DNS, Secondary DNS.

Perhatikan baris pada IP Address, baris Default Router, dan baris Primary DSN, terdapat 4 bagian angka, pada angka awalnya adalah 0, 0, 0, 0. Supaya bisa lan party angka ini harus di atur supaya terhubung dengan ps3 lainnya.

Untuk pengaturan  bagian angka - angka tersebut, IP Address, Default Router dan Primary DSN Semua angkanya harus disamakan dalam pengaturan 1 unit ps3. Misalnya pengaturan bagian angka IP Address 210, 200, 0, 3, maka untuk pengaturan bagian angka Default Router dan Primary DSN sama dengan pengaturan angka IP Address.

Yang perlu diperhatikan angka bagian kesatu dan bagian kedua, pengaturan angkanya harus sama, misal ada 3 unit ps3, bagian angka ke satu dan kedua  harus sama, sedangkan angka ketiga biarkan tetap angka 0. Untuk bagian angka kesatu dan kedua itu terserah mau angka berapapun yang penting harus disamakan.

Bagian angka ke empat itu di atur sesuai dengan penomoran ps3nya, misal ps3nya ada 3 unit maka untuk unit kesatu bagian angka terakhir adalah 1, unit kedua bagian angka terakhir adalah 2 dan unit ketiga bagian angka terakhir adalah 3.

Angka yang harus dirubah adalah IP Address, Default Router dan Primary DSN.

Dalam pengaturan angka ini pengertiannya begini

PS3 kesatu

IP Address               210. 200.   0.  1
Subnet Mask              255. 255. 255.  0
Default Router           210. 200.   0.  1
Primary DSN              210. 200.   0.  1
Secondary DSN              0.   0.   0.  0

PS3 kedua

IP Address               210. 200.   0.  2
Subnet Mask              255. 255. 255.  0
Default Router           210. 200.   0.  2
Primary DSN              210. 200.   0.  2
Secondary DSN              0.   0.   0.  0

PS3 ketiga

IP Address               210. 200.   0.  3
Subnet Mask              255. 255. 255.  0
Default Router           210. 200.   0.  3
Primary DSN              210. 200.   0.  3
Secondary DSN              0.   0.   0.  0


Tahap selanjutnya adalah menentukkan pengaturan MTU, pilih saja Automatic kemudian tekan d-pad kanan pada stik


Lalu di pengaturan Proxy Server pilah Do Nut Use terus ketahap selanjutnya


Pada UPnP pilih Enable lalu tekan d-pad kanan untuk ketahap selanjutnya


Pada tahap ini adalah daftar rangkuman dari pengaturan tadi, tekan enter untuk menyimpan pengaturan tersebut.


Setelah menyimpan pengaturan tadi maka akan akan di beri pertanyaan untuk mencoba koneksi yang telah diatur tadi pilih saja Yes.


Dalam percobaan Test Connection, untuk Obtained IP Address akan Succeeded sedangkan Internet Connection Akan Failed, biarkan saja karena pengaturan lan party sudah berhasil.


Setelah selesai membuat pengaturan untuk lan party maka saatnya untuk mencoba pada game yang terdapat fitur lan party. Dibawah ini adalah contoh SS game Call Of Duty Black Ops 2 Mode Zombie.


Create Game istilahnya adalah orang yang membuat suatu ruangan sebagai tempat berkumpulnya para player yang akan ikut dalam game tersebut. Sedangkan Join Game adalah player yang ikut masuk kedalam ruangan yang dibuat oleh si Create Game tadi




Dan akhirnya bisa main game secara lan party dengan banyak player, tetapi lan party ini tergantung gamenya apakah ada fitur lan  atau  tidak dan player yang bisa ikut lan party tergantung dari gamenya juga

                                                 By Usu Kanaya

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer